Pernahkah anda mengalami kekagetan yang membuat anda sok ketika melihat data penting yang ada dalam flash disk anda tiba-tiba lenyap entah kemana setelah flash disk anda dicolokkan dikomputer? Jika anda pernah mengalaminya, tenang, karena bukan cuma anda yang pernah mengalami hal serupa.

Jika anda tidak mengahapus file / folder dalam flash disk baik secara sengaja ataupun tidak sengaja, jangan panik, kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena file dan folder anda diseimbunyikan (hidden) oleh virus yang ada dikomputer.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengembalikan folder dan file yang telah dihidden oleh virus? Disinilah anda akan menemukan caranya. Cara ini tidak susah karena itu anda tidak perlu mempunyai keahlian khusus untuk mengembalikan file dan folder anda yang telah di hidden oleh virus, cukup baca artikel saya kali ini secara perlahan, andapun akan kembali memperoleh data penting anda.

Sebelum saya beberkan cara mengembalikan file dan folder yang telah dihidden oleh virus, pastikan dulu jika flash disk anda tadinya memang ada isinya. jika sudah, periksa kapasitas flash disk anda dengan cara:


Klik kanan pada drive dimana flash disk anda terdetek dan klik Properties.


Perhatikan Screen Shoot di atas. Jika isi flash disk anda kosong, tapi pada properties tertera bahwa flash disk anda ada isinya, bisa dipastikan bahwa folder dan file yang ada di flash disk anda dihidden oleh virus, lakukan cara di bawah ini untuk mengembalikan isi flash disk anda.
  1. Buka Command Prompt dengan cara
    • Pada Windows XP: Klik Start > All Programs > Accessories > Command Prompt
    • Pada Windows Vista / 7: Klik Logo Windows (Star) > Ketik Command Prompt > Enter
  2. Setelah muncul jendela warna hitam dan text warna putih, ketikkan drive flash disk anda disertai titik dua (:) lalu enter.

    Dalam contoh di atas, ketikkan F: lalu enter
  3. Ketik attrib -r -s -h /s /d lalu enter, tunggu beberapa saat.
Jika anda telah menjalankan langkah-langkah di atas, mestinya file dan folder anda sudah kembali anda di Windows Explorer.

Itu dulu, tips trik kali ini, semoga artikel ini bisa memecahkan masalah untuk mengembalikan folder dan file yang di hidden bahkan disuper hidden oleh virus.

0 comments



Recommended Money Makers

  • Chitika eMiniMalls
  • WidgetBucks
  • Text Link Ads
  • AuctionAds
  • Amazon Associates